Tips Mencegah Sakit Perut Pada Anak

Sakit perut bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Asam lambung yang naik bisa menyebabkan perut bagian atas terasa sakit dan dada terasa terbakar. Perut kembung merupakan sebuah keadaan dimana udara atau gas terlalu banyak berkumpul dalam perut. Sembelit atau susah buang air besar juga dapat menyebabkan perut terasa sakit. Konsumsi susu bagi sebagian besar penderita penyakit maag dapat menyebabkan sakit perut.
Namun, yang paling umum. Sakit ini disebabkan oleh beberapa bakteri yang masuk melalui makanan. Contohnya bakteri penyebab diare, E. Colly. Diare sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami sering buang air besar disertai cairan. Diare merupaka jenis penyakit pertu yang cukup berbahaya karena jika tidak ditangani dengan benar, penderita bisa mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Untuk mencegah hal tersebut, sudah semestinya para ibu siap siaga dengan keadaan yang tidak diduga akan terjadi pada buah hati anda. Oleh karena itu, harus ibu ketahui mengenai “Tips Mencegah  Sakit Perut Pada Anak“.

Tips Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

  • Tambahkan serat

Sembelit yang menyebabkan sakit perut dapat terjadi karena si kecil kurang mengkonsumsi serat dalam makanannya. Serat pada makakan adalah kunci bagi perut yang sehat. Jenis makanan yang kaya akan serat diantaranya adalah sayuran,buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Kami sarankan orang tua haris memberikan makanan berserat dalam takaran ideal, karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berserat juga tidak bagus karena dapat menyebabkan perut kembung. Sebagai acuan, anak usia 1-3 tahun memerlukan 14 gram serat per hari yang setara dengan satu buah pisang ukuran sedang, 1/2 gelas kacang-kacangan dan sepotong roti gandum.

  • Berikan Yoghurt

Produk olaha susu  ini kaya akan probiotok atau bakteri baik. Jenis bakteri yang terdapat dalam yoghurt mampu membantu mengoptimalkan pencernaan, menekan pertumbuhan bakteri jahat dan meredakan gangguan pencernaan ringan. Kombinasikan yoghurt dengan potongan buah segar atau dalam bentuk smoothie agar si kecil lebih bersemangat mengkonsumsinya.

  • Kurangi konsumsi gula

Beberapa jenis makanan yang mengandung gula lebih sukar untuk dicerna. Mengkonsumsi makanan bergula dalam jumlah banyak dapat menyebabkan produksi gas berlebih dalam perut, akibatnya perut sikecil menjadi kembung dan sakit. Segala jenis makanan yang mengandung gula, termasuk buah-buahhan dapat menimbulkan masalah pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Hindari minuman bersoda

Gas dari minuman bersoda dapat menyebabkan pertu si kecil kembung dan sakit. Biasakan si kecil mengkonsumsi jus buah atau sayur dari pada minuman bersoda. Selain mengandung gas, jenis minuman bersoda biasanya mengandung kadar gula tinggi yang tidak bagus bagi kesehatan si kecil.

  • Kenali karakter pencernaan si kecil

Beberapa anak mengalami intoleranis atau tidak tahan terhadap beberapa jenis makanan seperti susu, kacang. Mereka yang tidak bisa mengkonsumsi susu biasanya karena tidak memiliki enzim pencernaan susu, sehingga jika dipaksakan minum susu biasanya akan mencret-mencret dan sakit perut. Jika si kecil diketahui sensitif atau tidak toleran terhadap jenis makanan tertentu, pastikan mereka tidak mengkonsumsinya.

Itulah beberapa tips mencegah sakit perut pada anak, bila sakit perut terlanjur menyerang anak, coba berikan produk herbal yang kami tawarkan yang aman untuk anak-anak. KLik Obat Sakit Perut Untuk Anak.

| Tips Mencegah Sakit Perut Pada Anak

Advertisements
This entry was posted in kesehatan anak and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s